Ilmu Pemerintahan

Muhammadiyah Mulai Siapkan Rumah Sakit Darurat Covid-19

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PP Muhammadiyah bekerjasama dengan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) telah bersama-sama membentuk Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC). Hal ini dilakukan sebagai upaya bersama dalam mengurangi kurva penularan Covid-19 dengan secepat-cepatnya, Selasa, 24 Maret 2020.

Agus Samsudin Ketua MPKU PP Muhammadiyah menjelaskan, dibentuknya MCCC bertujuan untuk mengkoordinasikan seluruh aktivitas Muhammadiyah dalam membantu pemerintah melawan virus corona (Covid-19), khususnya dalam menekan angka penularannya di masyarakat. Dalam konteks penanggulangannya, Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah telah menyiagakan 20 Rumah Sakit. “Dan jika diperlukan lagi kita masih bisa menambah 20 hingga 30 RS lagi,” jelas Agus.

Secara cepat MCCC juga sudah mempersiapkan panduan khusus yang berkaitan dengan perilaku di kehidupan sehari-hari, bahwa masyarakat harus hidup bersih dan sehat serta mewaspadai penyebaran Covid-19. Agus menambahkan, untuk mengantisipasi terjadinya outbreak, maka Muhammadiyah akan mengambil langkah untuk membuat RS darurat khusus Covid-19.

“Rumah Sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah dengan PTM bersama-sama sedang mempersiapkan Rumah Sakit Darurat Covid-19, sebagaimana halnya yang telah dilakukan oleh pemerintah di Wisma Atlet. Muhammadiyah juga akan membuat RS darurat khusus Covid-19,” ujar Agus.

Maka perlu kerjasama dari semua pihak untuk bisa membantu agar program ini bisa terselenggara dengan baik. “Kami memohon dukungan kepada seluruh stakeholder, baik dari Muhammadiyah maupun dari luar Muhammadiyah untuk bersama-sama membantu melalui program di rumah aja. Maupun dengan kontributsi yang lain, baik berupa moril, finansial, dan dukungan lainnya. InsyaAllah kami Muhammadiyah amanah dan akan memberi laporan secara kontinuitas agar semuanya bisa dipertanggungjawabkan,” tutup Agus.(diko).

 

Share: